Tips Atasi Flu tanpa Obat


Di saat cuaca tidak menentu seperti sekarang ini, di tambah lagi dengan beban kerja yang menumpuk yang menguras seluruh energi dan emosi diri anda sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh maka segala macam penyakit akan mudah menghingapi, dan salah satu yang sering kita alami adalah sakit flu atau pilek.

Bila anda sudah terserang gejala awal penyakit flu dan enggan mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk sembuh dari flu, maka Tips Atasi Flu tanpa Obat berikut untuk mengatasi penyakit flu / pilek yang menyerang tanpa obat akan sangat cocok untuk anda.
  1. Istirahat. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah segera mengambil cuti dan beristirahat total. Hal ini untuk mengembalikan stamina tubuh anda yang kemudian juga meningkatkan imunitas tubuh, selain itu flu / pilek disebabkan oleh virus yang sangat mudah sekali menular. Tentu teman kerja anda akan lebih menghargai bila anda istirahat sehingga anda tidak membawa virus dan menyebarkannya tanpa sengaja di tempat kerja yang bisa mengakibatkan teman – teman anda bisa tertular dan menderita flu / pilek seperti anda.
  2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Langkah selanjutnya adalah menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, seperti kue tart, es krim, minuman manis dan dingin. Hal ini karena kandungan gula yang tinggi dalam darah dapat menurunkan daya tahan tubuh.
  3. Perbanyak konsumsi buah-buahan atau jus buah, hal ini karena banyak mengandung vitamin yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Perbanyak konsumsi air putih. Bila dalam kondisi normal biasanya kita mengkonsumsi 6 hingga 8 gelas sehari maka ketika pilek sebaiknya kita meningkatkan konsumsi air hingga 10 gelas. Air dapat menghanyutkan virus dari tubuh Anda dalam berbagai bentuk seperti keringat dan air seni.
Biasanya pada gejala awal flu penderita mengalami sakit pada tenggorokan, kepala dan dada. Nah, untuk mengatasi sakit pada organ tersebut berikut tipsnya.

  1. Mengatasi sakit pada tenggorokan. Siapkan satu gelas air panas dan setengah sendok teh garam, aduk rata lalu gunakan untuk kumur kurang lebih selama lima menit. Lakukan rutin tiga kali sehari dan jangan minum air dingin, kemudian siapkan sapu tangan yang dibasahi air biasa lalu lilitkan pada leher.
  2. Mengatasi sakit pada kepala. Rendam kaki dengan air panas, hal ini untuk melancarkan peredaran darah ke kepala sehingga aliran darah lancar dan dapat menghilangkan rasa sesak. Selanjutnya siapkan kertas koran atau karton, kemudian rebus air di teko atau panic hingga mendidih, kemudian dekatkan kertas koran / karton tersebut yang sudah di gulung seperti pipa untuk menghirup uap panas dari panic / teko tersebut. Hal ini berfungsi untuk melancarkan pernafasan seperti hidung yang tersumbat.
  3. Mengatasi rasa sakit pada dada. Apabila flu / pilek saudara di sertai batuk-batuk dan demam tentu hal ini menimbulkan rasa sakit di dada. Nah untuk mengatasinya cukup sediakan handuk dan air panas, basahi handuk dengan air panas tersebut kemudian tempelkan di dada. Biarkan hingga panasnya menghilang dan ulangi langkah tersebut.

Apabila saudara sudah mencoba tips diatas hingga satu minggu blm sembuh maka segera hubungi dokter.

Semoga lekas sembuh.



Sumber ; republika.co.id      


No comments: